Home / berita bola / Sejarah Piala Jendral Sudirman

Sejarah Piala Jendral Sudirman

Trofi Piala Jenderal Sudirman terbuat dari kuningan dan emas. Banyak makna dan filosofi yang terkandung di dalamnya. Seperti apa?

Adalah George Timorason, seniman asal Bandung yang terpilih mendesain trofi Piala Jenderal Sudirman. Dengan waktu proses pembuatan selama satu bulan, ia hanya membutuhkan waktu satu jam untuk merancang ide trofi tersebut.

“Jadi, sebenarnya ide ini datangnya dari tawaran jadi kontestan bikin trofi untuk Piala Jenderal Sudirman turnamen sepakbola yang diikuti klub-klub. Lalu, saya bikin ide satu jam. Bikin selesai, itu kurang lebih seperti itu. Ini sebenarnya desain kedua, saya bikin dua desain. Terus bentuknya kalau dilihat sangat biasa banget, cuma saya masukin bentuk pitline figur Sudirman ke dalamnya,” ungkap George.

Trofi tersebut dilapisi logam berwarna emas, di mana ada bola dan beberapa bintang di pucuknya. Sementara di badan trofi tersebut, ada delapan tingkat ditambah sosok Jenderal Sudirman yang tengah berdiri tegap layaknya patung Jenderal Sudirman yang ada di Jakarta.

About admin