Home / Berita Umum / Persatuan Cap Go Meh Titip Pesan

Persatuan Cap Go Meh Titip Pesan

Jakarta – Berpidato di panggung puncak perayaan Cap Go Meh, Menko Pembangunan Manusia serta Kebudayaan Republik Indonesia, Puan Maharani, mengemukakan pesan. Pada peserta serta pengunjung, ia memohon semua rakyat Indonesia melindungi keutuhan NKRI, Pancasila, serta Berbeda-beda Tunggal Ika.

” Kita ini satu saudara, satu bangsa, satu Tanah Air, satu Indonesia, satu merah putih, ” ucap Puan, di Glodok, Jakarta Barat, Minggu (4/3/2018) .

Tidak cuma Puan, beberapa petinggi juga ada dalam helatan itu. Mereka diantaranya Menko PMK Puan Maharani, Ketua MPR Zulkifli Hasan, DPR Bambang Soesatyo, Ketua DPD Oesman Bilangan Odang, serta Menkominfo Rudiantara.

Ketua MPR, Zulkifli Hasan, juga mengemukakan tanda sama Puan dalam pidatonya. Ia menyatakan Indonesia adalah bangsa yang berwarna-warni, bermacam suku serta budaya. Walau berlainan, tetapi bangsa Indonesia setuju untuk sama-sama mengerti.

” Indonesia yaitu bangsa yang toleransi, bukanlah intoleran. Yang menginginkan mengadu kita, mengoyak kita, mari katakan tidak. Kita lawan mereka, ” tutur Zulkifli.

Keberagaman seakan jadi benang merah perayaan Cap Gomeh th. ini. Ketua Dewan Pembina Acara Karnaval Budaya Nusantara Cap Go Meh Glodok 2018, Charles Honoris, menyebutkan, panitia karnaval tidak cuma datang dari orang-orang Glodok saja. Begitu halnya tamu undangan yang bukan sekedar terbagi dalam orang-orang Jakarta saja.

” Kebetulan ini mengundang 100 lebih Wihara yang berada di Indonesia dari Jawa Tengah, Jawa Timur, bahkan juga hingga Bali serta Kalimantan, “

Karnaval Budaya Nusantara Cap Go Meh Glodok 2018 ini dibarengi sekitaran 2. 400 peserta dari beragam latar belakang. Mereka yang ada tidak mengetahui ketidaksamaan suku serta agama.

Ia mencontohkan ada marching band dari remaja Masjid Istiqlal, tarian Papua, serta tarian Kabasaran dari Sulawesi Utara juga ikut menyemarakan karnaval di daerah Pecinaan ini.

” Jadi kita menginginkan memberikan keberagaman yang memanglah sejatinya Indonesia serta warga negaranya sejatinya bermacam, suku, agama ras serta hari ini kita menyemarakkan di Jakarta, ” Charles menandaskan.

Hal tersebut juga dirasa Wiwin, warga Cengkareng yang datang jauh-jauh untuk melihat Cap Go Meh 2018. Dia menilainya acara Karnaval Cap Go Meh ini begitu bagus karna dapat membuat kesatuan serta persatuan NKRI. ” Dalam acara karnaval ini tidak melihat kelompok manapun, ” ia berujar.

 

About admin