Home / Kuliner / Perbedaan Kopi Dapat Dilihat Dari Rasa Dan Aromanya

Perbedaan Kopi Dapat Dilihat Dari Rasa Dan Aromanya

Perbedaan Kopi Dapat Dilihat Dari Rasa Dan Aromanya – Meski makin banyak pencinta kopi yang mengetahui beragam model kopi, tetapi banyak juga yang nyatanya masih tetap tdk memahami ketaksamaan kopi arabica serta robusta. Yang utama pahit, kata sebagian orang.

Walau sebenarnya citarasa kopi tdk sesederhana itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya ditetapkan beberapa hal, dari mulai model atau varietasnya, tempat penanamannya, lingkungan sekelilingnya, dan pemrosesan bijinya. Itu penyebabnya, biarpun berjenis sama, rasa kopi Gayo dengan Toraja umpamanya, punyai aroma serta flavour yang berlainan.

Kopi sendiri punyai model bermacam yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta yaitu varietas paling besar yang berada di Indonesia serta dipakai di beberapa besar coffee shop atau kedai kopi.

Namun, apakah Anda seluruhnya sudah mengetahui ciri dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) 2014 serta 2015 menerangkan ketaksamaan ciri Arabica serta Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, punyai bentuk biji lebih panjang. Kandungan cafein kopi Arabica juga lebih rendah, yaitu 08 – 1, 4 persen, hingga tidaklah terlalu pahit tetapi punyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di dataran tinggi, pada 1. 000 mtr. sampai 2. 000 mtr. diatas permukaan laut. Suhu di tempat penanaman lantas semestinya sekitar pada 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi model ini perlu perawatan yang tambah baik karna lebih rawan terserang penyakit zat oksidasi daun terlebih apabila ditanam di dataran rendah. Diluar itu, jumlah biji kopi dalam tiap tiap panen juga tdk sejumlah kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica punyai aroma yang wangi seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian diikuti aroma kacang-kacangan. Rasa-rasanya lantas lebih halus serta penuh. Tidak heran harga nya juga tambah lebih mahal di banding model kopi beda.

Beberapa jenis kopi Arabica yang popular di Indonesia yaitu kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali serta Flores, dan yang saat ini banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat serta Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

About admin