Home / Kuliner / Kicikan Olahan Daging Khas Gunung Kidul

Kicikan Olahan Daging Khas Gunung Kidul

Kicikan Olahan Daging Khas Gunung Kidul – Jadi satu diantara gudang ternak di DI Yogyakarta, sapi banyak didapati di Kabupaten Gunungkidul. Satu diantara product hasil olahan daging sapi yang di kenal nama kicikan.

Masakan ini konon datang dari Padukuhan Banjardowo, Desa Gedangrejo, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul.

Kicikan yaitu masakan gabungan daging serta jeroan sapi yang sudah dicacah, dibuat demikian rupa jadi masakan yang lezat, dengan kuah yang gurih. Campuran cacahan daging serta jeroan itu dibuat dengan bumbu kicik.

” Masakan kicikan telah ada sejak mulai beberapa ratus th. lantas serta turun temurun dibuat oleh warga, ” kata salah seseorang tokoh desa di Padukuhan Banjardowo, Suradji Rachmat, Minggu (20/8/2017) .

Mempunyai rasa gurih, serta rasa serupa tongseng, andaikata mau ada sensasi pedas, pencinta dapat memberikan sambal bawang. Kicikan jadi lauk, serta dikonsumsi memakai nasi beras merah, digabungkan dengan sambal bawang.

” Jika tongseng memakai merica atau cabai mentah, kicikan dengan sambal bawang, ” katanya.

Warga kurang lebih telah punya kebiasaan makan kicikan, karna umum dipasarkan di kurang lebih pasar tradisionil. Tetapi janganlah menginginkan tiap-tiap hari ada, karna pasar tradisionil disana cuma ikuti market dalam tanggalan Jawa.

Seporsi umumnya dipasarkan Rp 5. 000. Cara penyajiannya masih tetap tradisionil, memakai daun jati jadi pembungkusnya.

Masakan ini diinginkan selalu dipertahankan orang-orang setempat. Jadi satu diantara masakan warisan leluhur hingga saat ini kicikan tetap masih diburu oleh beberapa perantau yang telah lama meninggalkan kampung halaman ataupun pendatang.

” Banyak diburu perantau karna mau bernostalgia, ” ucapnya.

Salah seseorang warga Magelang, Rendika, mengakui tertarik pada kicikan karna rasa-rasanya memanglah ciri khas serta berlainan dengan olahan daging sapi yang umum ditemuinya.

” Kicikan rasa-rasanya unik serta menurut saya yang baru pertama kalinya coba ini enak sekali, ” tukasnya.

About admin