Home / internasioanl / Kepulauan Riau Digegerkan Dengan Fenomena Sun Dogs

Kepulauan Riau Digegerkan Dengan Fenomena Sun Dogs

Kepulauan Riau Digegerkan Dengan Fenomena Sun Dogs – Adanya empat matahari di Kepulauan Riau yg terekam di video serta menyebar di social media berubah menjadi bahan penuturan di berapa kelompok WhatsApp. Penduduk dalam video yg dikira diambil di Kepulauan Riau ini kelihatan ramai saksikan pertanda yg gak biasa itu.

Untuk mereka yg pemula, mungkin menyaksikan ini jadi suatu tandanya suatu hal yg tak dikehendaki. Tetapi, untuk banyak astrofisikawan, pertanda empat matahari itu dimaksud sun dogs atau parhelion. Sederhananya, pertanda ini bakal mengakibatkan sinar matahari penambahan.

” Sun dogs terwujud disaat sinar matahari tembus serangkaian lempeng kristal es bersifat heksagonal yg tersusun dengan cara horisontal di awan tingi (awan cirrus) . Pembiasan di kristal berikut ini yg membelokkan sinar dengan pojok sekurang-kurangnya 22 derajat, ” demikian terdaftar halaman skyandtelescope. com.

Mengapa pertanda ini langka? Sesungguhnya sun dogs berlangsung cuma di dekat ufuk langit serta kebanyakan berlangsung dalam situasi atmosferik yg sangatlah langka. Kebanyakan, ada situasi yg sangatlah dingin di awan tinggi di lebih kurang lokasi itu. Sebab itu, pertanda ini terkadang berlangsung, lebih di Indonesia.

Proses terbentuknya sun dogs atau parhelion ini sama seperti pembentukan pelangi. Pertanda optik ini memperlihatkan titik-titik jelas di langit, umumnya di cincin halo di lebih kurang matahari yg selanjutnya menyebabkan ilusi optik untuk mata kita. Sinar matahari penambahan berikut ini seperti anjing-anjing yg duduk di samping tuannya, matahari. Sebab itu pertanda parhelion disebut yaitu sun dogs.

Pertanda sun dogs kebanyakan membuat ” dua matahari ” saja yg terbuat di awan tinggi. Dan dua ” matahari ” yang lain terbuat di hawa lebih kurang. Situasi negara pun kebanyakan pengaruhi pertanda ini. Pertanda ini sempat berlangsung di Kazahkstan, Mongolia, serta Rusia.

Pertanyaannya, berbahayakah untuk mata? Menurut halaman skyandtelescope. com, pertanda ini tak beresiko. Bahkan juga, berubah menjadi ” hidangan empuk ” untuk banyak penyinta photography. Lebih, bila pertanda sun dogs berlangsung berbarengan dengan parhelic circle, yg proses pembentukannya sesuai sama pertanda empat matahari. Perbedaannya, bila sun dogs tembus kristal dengan urutan horisontal, parhelic circle tembus kristal yg ada pada urutan vertikal

About admin