Home / Indonesia / Ganjar: Upah Petugas Kebersihan Harus Sesuai UMK | Ekonomi

Ganjar: Upah Petugas Kebersihan Harus Sesuai UMK | Ekonomi

Ganjar: Upah Petugas Kebersihan Harus Sesuai UMK | Ekonomi. Orang nomor satu di Jawa Tengah, yakni Ganjar Pranowo meminta agar Dinas Kebersihan di wilayahnya meninjau ulang semua dokumen kerja rekanan yang memberi upah, di bawah standar minimum terhadap petugas kebersihan.

Permintaan itu menyusu keluhan para petugas kebersihan kepada Gubernur Jawa Tengah tersebut. Para petigas ini mengadukan upah mereka yang hanya sekitar 600.000 rupiah setiap bulannya.

“Gaji yang saya terima setiap bulan hanya Rp 600.000. Saya di kontrak oleh perusahaan,” ujar salah satu petugas kebersihan, hari Selasa (10/11) lalu.

Ganjar menyatakan, ada persoalan serius pada saat para petugas kebersihan menerima upah yang rendah. Sudah semestinya, gaji yang diterima para petugas kebersihan ini menyesuaikan dengan upah minimum kabupaten/kota (UMK).

Adapun menurut Ganjar, UMK di wilayah Semarang mulai tahun 2015 adalah sebesar Rp 1.685.000, sedangkan untuk tahun 2016 mendatang diusulkan nilainya naik menjadi sekitar Rp 1,9 juta.

“Tolong nanti di cek lagi, agar ada komunikasi dengan pihak pemkot Semarang supaya mereka memperoleh gaju sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kalau saat ini ribut masalah UMK, mestinya para petugas kebersihan ini harus dimasukkan, agar gaji mereka mengikuti UMK yang ada,” tandasnya.

About admin